Selasa, 24 Februari 2015

Resep Unik Tidur Nyenyak

"Semalem gakbisa tidur, masih ngantuk banget pagi ini.."
Tidur adalah kegiatan yang paling mudah dilakukan. Namun, terkadang menjadi sangat susah apabila kita tidak mengetahui bagaimana resep unik agar dapat tidur nyenyak.
Jam dinding sudah menunjukkan pukul dua dini hari, tetapi mata masih belum bisa terpejam. Sudah mencoba sekuat tenaga untuk tidur, ternyata sukar. Padahal, perlu berangkat pagi pagi ke kantor, atau kuliah, dan tak sedikit juga ke sekolah. Permasalahan sulit tidur ini bisa jadi tak hanya dialami malam ini, tetapi juga malam malam sebelumnya.
Andaikata berhasil, tidur sering kali tak nyenyak. Gelisah atau sering terbangun pada waktu malam atau dini hari mungkin kerap juga dialami. Jika sudah begini apa yang harus dilakukan?

Masalah susah tidur ini kebanyakan disebabkan sejumlah faktor seperti tekanan pikiran atau bahkan faktor makanan dan minuman. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis manis, minuman berkafein, minuman ringan, dan minuman berenergi.
Solusi untuk mengatasi susah tidur diantaranya adalah melepaskan diri dari segala ketegangan atau beban pikiran. Misalnya dengan menulis buku harian, berdiskusi, atau bahkan bermeditasi. Cara lain adalah dengan menciptakan suasana tenang dan damai di sekitar lokasi tidur, menghindari minuman berkafein dan makanan yang terlalu manis, serta menjalani olahraga secara rutin.
Akan tetapi, ternyata masih ada langkah lain agar dapat tidur lebih nyenyak. Berikut adalah diantaranya.
Merasakan Diri Sendiri
Ketika akan tidur, sadarilah bahwa akan beristirahat sepenuhnya. Lepaskan diri dari segala penat dan beban pikiran karena akan mengistirahatkan diri. Kesadaran ini akan membuat tubuh lebih rileks dan bersiap untuk tidur.
Mengatur suhu juga tak kalah penting nya, tidak sedikit orang yang mengalami susah tidur akibat suhu udara terlalu panas atau dingin. Solusinya adalah mengatur suhu yang tepat agar tercipta suasana nyaman. Jika ruangan terlalu panas, bisa menyalakan kipas angin atau pendingin udara. Jika tidak punya, maka tidak usah bingung, buku juga dapat digunakan sebagai kipas alami. Hindarilah menghadapkan kipas angin langsung pada tubuh dan bisa mengarahkan ke sudut ruangan lain untuk mencegah masuk angin.
Ritual Sebelum Tidur
Kebiasaan kecil yang dilakukan sebelum malam menjelang tidur juga dapat membantu istirahat lebih nyenyak.  Misalnya, meminum susu hangat, menggosok gigi, mencuci kaki, melakukan meditasi, mematikan lampu. Secara tak langsung saat melakukan ritual sederhana ini, tubuh pun akan memberikan sinyal untuk beristirahat. Tapi ingat, menjelang tidur sebisa mungkin untuk tidak smsan dengan pacar, telponan dengan mantan, apalagi smsan sambil telponan dengan pacarnya mantan. Jangan, karena akan membuat semakin susah untuk beristirahat.
Menghitung Mundur
Menghitung domba saat tidur? Kebiasaan ini bisa dilakukan karena terinspirasi dari salah satu episode acara televisi Mr.Bean. Namun, selain menghitung benda sebelum tidur, dapat juga dilakukan dengan menghitung mundur. Mulailah dari angka ratusan atau ribuan. Cara yang terkesan membosankan ini akan membuat pikiran lelah dan lebih mudah terlelap. Tapi ingat, menjelang akan tidur jangan pernah menghitung jumlah gebetan yang sudah menolak. Apalagi menghitung jumlah hutang yang dimiliki. Karena akan membuat pikiran menjadi kacau dan tidur pun semakin tak nyenyak.
Menyanyikan Lagu
Selain mendengarkan lagu, ternyata bernyanyi dapat membuat tertidur. Bisa dilakukan dengan memilih satu atau dua lagu kesukaan untuk dinyanyikan. Bernyanyilah dengan suara pelan, jangan menggangu orang lain. Karena ini cara bagaimana untuk bisa tidur bukan untuk karaoke.
Mengatur Napas
Saat tertidur nyenyak, tarikan dan pelepasan napas berjalan teratur. Jadi, bisa menciptakan kondisi saat tubuh tidur nyenyak sebelum benar benar tertidur. Aturlah napas menjelang tidur selama beberapa menit. Tarik napas, keluar napas, tarik napas lagi, keluar napas lagi, ayo buk sebentar lagi bayi nya mau keluar. Oh tidak tidak, itu tadi sebagai latian agar dapat mengatur napas dengan baik. Tanpa sadar dengan mengatur napas selama beberapa menit, akan terbawa ke alam mimpi.
Aromaterapi
Aroma wewangian tertentu dapat membuat kondisi tubuh lebih rileks dan tenang. Aroma lavender misalnya. Bisa dilakukan dengan memasang pengharum ruangan atau menyalakan lilin aromaterapi untuk menghasilkan aroma yang menenangkan di seputar tempat tidur. Hindarilah wewangian yang memicu semangat seperti aroma buah buahan.
Menekuk Jari Kaki
Cara ini mungkin terdengar aneh. Akan tetapi, cobalah menekuk jari jari kaki dan menahannya hingga hitungan ke sepuluh. Tempelkan kaki dan tekuk jemari kaki hingga terasa hangat. Agar tertidur, lakukan cara ini hingga beberapa kali.
Nah, diatas tadi merupakan beberapa resep unik agar dapat tidur nyenyak. Sebenarnya tidur menjadi sangat mudah ketika dalam keadaan sedang mengantuk berat. Tidak percaya? Karena jika dalam keadaan tidak mengantuk ya tidak ingin tidur. Gitu aja sih, semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar